Penulisan Proposal Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Mahasiswa Semester VII Program Studi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang

Authors

  • Masagus Sulaiman Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sri Yuliani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Kurnia Saputri Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Tri Rositasari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sherli Marliasari Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.334

Keywords:

Penulisan Proposal, Kuantitatif & Kualitatif, Mahasiswa semester VII

Abstract

Skripsi adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus di tempuh oleh semua mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan studi Program Sarjana Strata Satu. Kenyataannya,  mereka masih belum memahami cara menyusun proposal skripsi yang baik dan benar, meskipun mereka sudah memiliki Buku Pedoman Penulisan Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini adalah melalui ceramah dan diskusi. hasil pelatihan menunjukkan bahwa kualifikasi kemampuan mahasiswa semester VII Pendidikan Bahasa Inggris dalam menulis mini research proposal baik dengan menggunakan pendekatan quantitative maupun qualitatif adalah baik. Ini terbukti dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam menentukan judul serta merumuskan masalah-masalah penelitian yang saing berkaitan. Mereka juga mampu untuk memparafrasekan landasan teori yang mereka gunakan dalam proposal penelitiannya dan juga mampu untuk memberikan kesimpulan (additional voice) terhadap teori yang mereka gunakan untuk menghindari plagiat. Selanjutnya, bisa dilihat dari kemampuan mereka dalam mempresentasi mini research selama berada di breakout room aplikasi Zoom dan berdasarkan observasi Dosen pemakalah, secara keseluruhan, semua peserta mampu untuk mempresentasikan mini research proposal yang sudah mereka susun sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J.W (2012). Educational researcthh: Planning conducting and evaluating

quantitative and qualitative research. (4 ed). Boston: Pearson Education, Inc.

Laily, I.F. (2021). Cara membuat proposal penelitian, struktur, penulisan dan contohnya, Retrieved from

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61b6ce1f73f0f/cara-membuat-proposal penelitian-struktur-penulisan-dan-contohnya.

Nugroho, F.T. (2020). Pengertian karya ilmiah, ciri-ciri, tujuan, struktur, dan manfaatnya. Retrieved from https://www.bola.com/ragam/read/4428285/pengertian-karya-ilmiah-ciri-ciri- tujuan-struktur-dan-manfaatnya.

Sari, R, K., & Paksi, G. R. (2022). ‘Pendampingan guru pembimbing karya ilmiah siswa MTs’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2), pp.18-27. p-ISSN 2798-2882, e-ISSN 2798-2890

Syahri, I., Sulaiman, M., Susanti, R. (2017). Metodologi penelitian pendidikan bahasa, (1sted.). Palembang: Roemah Sufie.

Thabroni, G. (2021). Karya ilmiah: Pengertian, ciri, jenis & struktur (sytematika).

Retrieved from https://serupa.id/karya-ilmiah/

Wahyu, W. (2001). Managemen bahasa pengorganisasian karangan pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan praktisi bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Sulaiman, M., Yuliani, S., Saputri, K., Rositasari, T., & Marliasari, S. (2022). Penulisan Proposal Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Mahasiswa Semester VII Program Studi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 172–176. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.334