PKM Peningkatan Kompetensi Guru untuk Pembelajaran Berbasis Google Meet dan Zoom di Paud Godwilling
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.318Keywords:
Peningkatan Kompetensi, Google Meet, ZoomAbstract
Kegiatan ini adalah pengabdian kepada masyarakat yang tergolong dalam skim IbM yang terselenggara atas dukungan dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Indrapratas PGRI untuk tahun akademik 2021/2022 semester Ganjil. Pengabdian Masyarakat ini adalah merupakan peran serta Universitas Indraprasta PGRI dalam rangka untuk ikut membantu salah satu elemen masyarakat dalam bidang pendidikan khususnya untuk Paud Godwilling. Hampir sudah 1.5 tahun ini pembelajaran berjalan secara daring. Berbagai macam cara di lakukan oleh Lembaga Pendidikan agar permbelajaran tetap berjalan. Akan tetapi, dengan situasi pandemi saat ini proses pembelajaran harus tetap dilakukakan maka terdapat satu strategi yang dipercaya dapat menanggulagi masalah tesebut melalui pendayagunaan terhadap teknologi Pendidikan (Education Technology), Teknologi Informasi (Information Technology atau IT) dan atau teknologi komunikasi dan informasi. Penggunaan aplikasi Zoom Meeting, dan Google Meet terhadap tenaga pendidik di Paud Godwilling sebagai Aplikasi yang akan dipakai para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dimana pemakaian aplikasi tersebut belum begitu familiar di kalangan para guru. Dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru, melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Universitas Indraprasta PGRI dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Paud Godwilling mengadakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu PKM dalam hal ini para guru di Paud Godwilling sebagai Audience.
Downloads
References
Ayuningtyas, A., Setiawan H, A., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi ’ in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, Kacanegara, 1(1), 1–6.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online Penerbit: Universitas Terbuka.
Desyanti, Yusrizal, F.S., 2022. Implementasi Algoritma K-Modes Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), pp.719–727.
Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176
Kadek. I Suartama. (2014). E-Learning Konsep dan Aplikasinya. jurusan teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikan Universitas pendidikan Ganesha.
Pechency A. (2010). Zooming User Interface: in Presentation For Learning. International Journal Information Theories and Applications. 17(4).
Purnama, M. N. A. (2020). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.535
Rakhmawati, P. et al. (2020) ‘Pembelajaran Berbasis Google Classroom,GOOGLE MEET DAN ZOOM GURU SMP NEGERI 2 BATUBARA Rakhmawati’, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), pp. 410–416.
Sadiman, Arief S., S. (2004). Pendayagunaan Teknologi Pendidikan Di Negara Tetangga,” Dalam Yusuf Hadimiarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171