Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing

Authors

  • Gellysa Urva Mrs
  • Merina Pratiwi Sekolah Tinggi Tenologi Dumai
  • Amiroel Oemara Syarief Sekolah Tinggi Tenologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301

Keywords:

Optimization, Digital Marketing, Facebook, Whatsapp

Abstract

Kemajuan perkembangan dunia digital serta internet yang semakin pesat tentu memiliki pengaruh terhadap dunia marketing. Trend marketing di dunia beralih dari konvensional menjadi digitalisasi.  Digital Marketing menjadi media komunikasi yang dianggap lebih efisien dan efektif dalam memasarkan produk. Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan calon konsumen. Salah satu platform digital marketing yang sering digunakan adalah media sosial. Media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dari para pengguna. Facebook merupakan salah satu media sosial yang sering dikunjungi dan umum digunakan serta menghubungkan kita dengan orang lain di seluruh penjuru dunia . Selain itu WhatsApp dinilai efektif dalam mendukung proses pemasaran karena dapat membantu mengirim pesan, gambar, video, suara, dokumen, dan melakukan panggilan serta video call. WhatsApp merupakan aplikasi yang memiliki popularitas unggul yang dimanfaatkan sebagai media komunikasi dalam menyampaikan pesan. Potensi pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan media social ini sebagai cara mengoptimalkan digital marketing. Pembekalan ilmu Digital Marketing melalui Facebook dan Whatsapp diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menginspirasi penjual dalam memanfaatkan media sosial sebagai mediasi untuk memasarkan produk secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Aditia, K. C., Prasetya, N. R., … Yuliati, R. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge, 01(01), 1–16.

Barokah, S., Agnu, O., Wulandari, D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara, 4(1), 17–22.

Desyanti, M.A., 2021. Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Pembuatan Pot Bunga Kekinian Untuk Masyarakat Perumahan Baruna. , 01(01), Pp.8–13.

Desyanti, Febrina Sari, Wetri Febrina, M.A., 2021. Peningkatan Minat Dan Skill Kewirausahaan Mayarakat Di Kelurahan Bukit Batrem , Kota Dumai. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 2(2), Pp.150–158.

Hasbi, M., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19.

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., Wakhidah, N., Informasi, J. T., & Semarang, U. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM DI KECAMATAN TEMBALANG, 3(3), 119–124.

Pesantren, P., Hasanah, U., Bekal, S., Sartika, M., Adinugraha, H. H., Ekonomi, F., & Pekalongan, I. (2020). PENDAMPINGAN PENINGKATAN SANTRIPRENEUR PADA SISWA-SISWI, 3(1), 65–70.

Sales, O. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online, 3(1), 42–51.

Sari, D. P., Studi, P., Akuntansi, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA MARKETING PADA USAHA.

Shani, F. F., Riyanto, S., Putera, A. R., & Informatika, T. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL MARKETING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS UTILIZATION OF ANDROID-BASED DIGITAL MARKETING APPLICATIONS AS, 41–46.

SOSIAL, M. (2019). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA MEMASARKAN PRODUK UMKM BOYOLALI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA, 01(05), 101–110.

Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal, 01(01), 41–47.

Waluyo, D. E., & Subagyo, H. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang, 3(1), 71–76.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301