Pendampingan Guru Pembimbing Karya Ilmiah Siswa MTs
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.289Keywords:
Pendampingan, Karya Tulis Ilmiah Siswa, Guru PembimbingAbstract
Dalam rangka mendukung siswa menumbuhkembangkan pengetahuan riset dan penulisan karya ilmiah, MTs Istiqlal Jakarta mempunyai program tugas akhir untuk siswa mereka berupa penulisan karya tulis ilmiah. Untuk memfasilitasi terlaksananya program tersebut, sekolah juga mengadakan pelatihan guru dan dalam salah satu programnya mengandeng Tim Abdimas Universitas Indraprasta PGRI untuk melaksanakan pendampingan bagi guru pembimbing tugas akhir siswa. Tujuan dari kegiatan pendampingan tersebut adalah membantu guru – guru dalam mengatasi kesulitan selama proses pembimbingan tugas akhir siswanya. Pendampingan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahapan pelatihan, tahapan pendampingan, dan tahapan evaluasi. Guru menyampaikan beberapa persoalan dasar tentang proses bimbingan, diantaranya adalah cara memotivasi siswa, cara komunikasi terbaik selama pandemi yang mengharuskan bimbingan dilaksanakan secara jarak jauh, dan cara menulis karya ilmiah oleh siswa agar dapat menjadi tulisan yang baik dan sistematis. Masalah umum yang kemudian ditemukan selama kegiatan tersebut adalah guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan metodologi penelitian dan cara mengolah data penelitian kepada siswa. Oleh sebab itu, Tim Abdimas memberikan rekomendasi kepada sekolah untuk memberikan pelatihan lanjutan kepada guru-guru tentang Metodologi penelitian, teknik instrumen yang baik untuk mengambil data, dan cara pengolahan data. Diharapkan kegiatan pendampingan ini dapat meningkatkan kemampuan guru – guru dalam membimbing tugas akhir siswanya sehingga siswa MTs Istiqlal dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik dan sesuai kaedah penulisan ilmiah.
Downloads
References
Asmara, R. and Kusumaningrum, W. R. (2020) ‘Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI Bagi Guru dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang’, Jurnal Widya Laksana, 9(1), pp. 98–110.
Dewi Utami, A. et al. (2021) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Pengembangan Karir Guru Matematika di Kabupaten Bojonegoro’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 178–183. doi: 10.52072/abdine.v1i2.228.
Fadillah Ulva, M. Y. (2021) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru MTsN 40 Jakarta Barat’, Jurnal Abdidas, 2(1), pp. 28–33.
Malik, N. et al. (2021) ‘Pelatihan dan Pengembangan Menulis Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa Tingkat SMP/MTs/Sederajat di MTs Muhammadiyah 1 Malang’, RESONA Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), pp. 87–101.
Pakpahan, S. F. et al. (2021) ‘Analysis Reading Comprehension Questions by Using Revised Bloom ’ s Taxonomy on Higher Order Thingking Skill (HOTS)’, IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1), pp. 259–271. doi: 10.24256/ideas.v9i1.1904.
Singh, C. K. S. et al. (2020) ‘Teaching strategies to develop higher order thinking skills in english literature’, International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(8), pp. 211–231.
Syam, S. et al. (2021) ‘Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah (KIR) bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang’, in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, pp. 1397–1407.
Zulfiani, Z., Herlanti, Y. and Sofyan, A. (2016) ‘Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), pp. 273–283. doi: 10.21831/cp.v15i2.8054.