D.I.Y Photowood Bertema Heritage Sebagai Penguatan Desain Interface Rumah Tinggal Bergaya Kolonial
Keywords:
Desain Fasad, Kampung Heritage, PhotowoodAbstract
Rumah-rumah di Kampung Heritage Kayutangan masih belum tertalu banyak ekplorasi dan penguatan dari sisi eksterior maupun interior. Hanya beberapa rumah yang Nampak klasik dengan desain arsitektur original peninggalan zaman Belanda. Padahal jika menasbihkan kampung ini sebagai kampung wisata heritage harus lebih banyak ekplorasi gaya penataan dan penambahan property baik di luar maupun di dalam rumah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada warga kayutangan untuk dapat membuat ekterior/interior property dari kayu dengan gaya colonial Belanda yang natural dan menimbulkan nuansa heritage. Metode pelatihan menggunakan project base learning, dengan metode demonstrasi, dan penugasan. Hasil pengabdian ini menghasilkan produk D.I.Y Photowood yang bertujuan memberikan penguatan pada desain fasad dan interior rumah tinggal bergaya kolonial di Kayutangan Kota Malang.
Downloads
References
Astrini, W., Martiningrum, I., & Adhitama, M. S. (2015). Studi Golden Section Pada Fasade Bangunan Di Kawasan Kayutangan, Malang. RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies), 13(1), 66–74. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2015.013.01.7
Budiyono, D., Nurlaelih, E. E., & Djoko, R. (2012). LANSKAP KOTA MALANG SEBAGAI OBYEK WISATA SEJARAH KOLONIAL. Jurnal Lanskap Indonesia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.29244/jli.2012.4.1.%p
Fauziah, N., Antariksa, A., & Ernawati, J. (2012). Kualitas Visual Fasade Bangunan Modern Pasca Kolonial di Jalan Kayutangan Malang. RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies), 10(2), 11–18. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2012.010.02.2
Githa, I. A., Amanulloh, M. R. A., Dharmawan, R., & Sari, E. P. (2020). Pengembangan Indigenous Tourism dengan Perspektif Dynamic Governance (Studi pada Kampung Heritage Kayutangan Kota Malang). Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 15(1), 12–25. https://doi.org/10.20961/sp.v15i1.39645
Krisnanda, R. (2017). PROGRAM DIRECT MARKETING DWI-BAHASA GUNA MENINGKATKAN MINAT WISATA RELIGI MAKAM MBAH HONGGO, KAMPUNG KAYUTANGAN, KOTA MALANG. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(1), 10. https://doi.org/10.26905/jpp.v2i1.1256
Puspita, K., Irwansyah, I., & Daifiria, D. (2021). Making Wall Art Products and Using e-Commerce as Marketing Media. JUDIMAS, 1(2), 175–184. https://doi.org/10.30700/jm.v1i2.1115
Sumarsono, A., & Syamsudin. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI METODE PELATIHAN, PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH SATU ATAP WASUR DI KABUPATEN MERAUKE. Sarwahita, 16(02), 146–155. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06