Sosialisasi Manajemen Klinis untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi Profesional Perekam Medis

Authors

  • Rahmi Septia Sari Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Padang
  • Yanti Desnita Tasri Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Padang
  • Rindy Shakila Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Padang

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.220

Keywords:

Management, Clinical, Quality, service, Medical Record

Abstract

Abstract

               Health facilities are very important services for the community. The most important health service is to produce beneficial outcomes for patients, users and society. Achieving this outcome is highly dependent on the quality of health services. Improving the quality of clinical services is one of the efforts to manage the quality of health services. Information about health services from all users of medical services and all individuals is needed as a source of data to answer questions about the quality of health services. So that accurate information is obtained. The purpose of this activity is to provide information and knowledge to medical recorders about the quality of health services related to clinical quality management in improving performance and implementing clinical management concepts. There are several perspectives regarding the quality of health services, including according to consumers of health services as a service that can meet the needs of the community, according to quality health service providers, namely the availability of equipment, work procedures, professional freedom in performing health services, according to funders of health services as a health service. In an effective and efficient manner, according to the owner of health care facilities, quality health services can generate income that is able to cover operational costs, while according to health service administrators, it can provide for the needs of patients and health care providers. The method used is by providing information directly through virtual media to medical recorders.

Keywords: Management, Clinical, Quality, Service, Medical Record

 

 

Abstrak

Fasilitas kesehatan merupakan pelayanan yang sangat penting bagi masyaraka. Pelayanan kesehatan yang paling utama adalah menghasilkan outcome yang menguntungkan bagi pasien, pengguna dan masyarakat. Pencapaian outcome ini sangat tergantung pada mutu pelayanan kesehatan. Peningkatan mutu pelayanan klinis merupakan salah satu upaya manajemen mutu pelayanan kesehatan. Informasi mengenai pelayanan kesehatan dari seluruh pengguna jasa pelayanan medis maupun seluruh individu diperlukan sebagai sumber data untuk menjawab pertanyaan mengenai mutu pelayanan kesehatan. Sehingga diperoleh informasi yang akurat. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada para perekam medis tentang mutu pelayanan kesehatan terkait manajemen mutu klinis dalam peningkatan kinerja serta mengimplementasikan konsep manajemen klinis. Terdapat beberapa perspektif mengenai mutu pelayanan kesehatan diantaranya menurut konsumen layanan kesehatan sebagai suatu layanan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, menurut provider layanan kesehatan yang bermutu yaitu tersedianya peralatan, prosedur kerja, kebebasan profesi dalam melakukan layanan kesehatan, menurut penyandang dana layanan kesehatan sebagai suatu layanan kesehatan yang efektif dan efisien, menurut pemilik sarana layanan kesehatan bahwa layanan kesehatan yang bermutu dapat menghasilkan pendapatan yang mampu menutupi biaya operasional sedangkan menurut administrator layanan kesehatan dapat menyediakan kebutuhan pasien serta pemberi layanan kesehatan. Adapun metode yang dilakukan adalah dengan cara memberikan informasi langsung melalui media virtual kepada perekam medis.

Kata kunci: Manajemen, Klinis, Mutu, Pelayanan, Perekam Medis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Azrul. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta 1996

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Elisabeth, Siwi Wakyani, Th. Endang Purwoastuti., Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan, Pustaka Baru Press. Yogyakarta. 2015

Herlambang, Susatyo. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen Publishing. Yogyakarta.

Muninjaya, A.A Gde. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.EGC. Jakarta. 2011

Sabarguna, Boy S. Quality Assurance elayanan Rumah Sakit, Konsosrsium RS islam jateng- DIY. Yogyakarta. 2004

Spath, Patrice. Introduction to healthcare quality management / Patrice Spath. Health Administration Press, Chicago, Illinois AUPHA Press, Washington, DC. 2009

Prastiwi, Elyana Niken. 2010. Analisis Mutu Pelayanan Intensive Care Unit (ICU) melalui Audit Kematian di Rsud Kota Bekasi Tahun 2009. Universitas Indonesia. Depok.

Wijono D (2000), Manajemen Mutu Pelayanan kesehatan, Teori, Strategi dan Aplikasi, Airlangga University Press, Surabaya.

Published

2021-12-13

How to Cite

Septia Sari, R., Desnita Tasri, Y., & Shakila, R. (2021). Sosialisasi Manajemen Klinis untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi Profesional Perekam Medis. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147-158. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.220