Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.208Keywords:
Media Sosial, Digital Marketing, Covid -19.Abstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 16 mitra UMKM di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros dengan tujuan menambah pengetahuan peserta akan pentingnya pemasaran produk melalui media online dari smartphone. permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah minimnya pengetahuan mengenai digital marketing atau pemasaran online. Pada sesi diskusi, para mitra UMKM dibekali dengan aplikasi yang dibutuhkan untuk pemasaran produk secara digital dan pelatihan dalam menggunakan perangkat dan aplikasi media sosial sehingga para pelaku UMKM dapat membuat atau menggunakan salah satu aplikasi digital online atau beberapa situs penjualan online dengan biaya”minimal.Salah satu contoh yang di paparkan oleh pemateri adalah teknik atau cara melakukan pengambilan foto produk yang akan ditampilkan dan dipromosikan melalui media sosial. Kegiatan sosialisasi terlaksana dengan baik dan sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM. Di akhir acara sosialisasi, masih ada peserta yang meminta waktu selama beberapa hari ke depan untuk melakukan kegiatan serupa dan mau mengajak temannya yang belum sempat mengikuti kegiatan supaya memiliki pengalaman yang sama.
Downloads
References
Ajimat, A., Sunarsi, D., & Sidiq, F. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media
Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.
Arif, M., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Pembuatan Pot Bunga Kekinian Untuk Masyarakat Perumahan Baruna. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.160
Aqmala, D., Putra, F.I.F .S., Suseno, A. (2020). Faktor - faktor yang Membentuk Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro. Dayasaing: Jurnal Manajemen Sumber Daya, 22(1), 60–70.
Catriana (2020), 3 Tantangan Utama yang dihadapi UMKM selama Pandemi covid-19, https://money.kompas.com/read/1
Darwanto. (2013). peningkatan daya saing UMKM berbasis inovasi dan kreatifitas (strategi penguatan property right terhadap inovasi dan kreatifitas. jurnal bisnis dan ekonomi, 20, 142-149.
Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3),702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss 3.pp702- 714
Handoko, L (2020), membangkitkan-UMKM dimasa pandemi dengan inovasi dan teknologi http://lipi.go.id/siaranpress
Hertina, Hendiarto, Wijaya (2021) Dampak Covid-19 bagi UMKM di Indonesia pada era new Normal, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri 3 (2 ): 110-116
Lara, C. 2020. Top Digital Marketing Trends for 2020 and 2021, 14 October 2020. [Online]. Available: https://www.theedigital.com/bl og/digital-marketing- trends.
Lupiyoadi, Rambat. 2013 Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompatensi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat
Rizal, M., Aslinda, A., Firman, M. J., & ... (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Seminar Nasional …, 520–524. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/16041
Satria, D., Arif, M., & Hafrida, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.177
Sanggrama dkk. (2020). Sebuah Solusi untuk Perkembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Akuntansi,12(1),146-158 https://journal.maranatha.edu/in dex.php/jam/issue/view/178
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.
books.google.com
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Keuangan dan Bisnis IV. Bandung.