Penerapan Aplikasi Literasi Media Baru Berbasis Web pada Guru-Guru MGBK Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.1130Keywords:
New Media Literacy, Guru, Siswa SMAAbstract
New media memiliki kekuatan yang memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk memproduksi, mendistribusikan dan mengkonsumsi konten di ruang virtual. Namun, new media juga memiliki sisi yang memiliki efek dahsyat dan rentan bagi para penggunanya. Dalam konteks kehidupan dalam ruang virtual, new media pun dapat mempengaruhi banyak hal termasuk menimbulkan hate speech, cyber bullying, kecanduan game online, online sexual harrasment, judi online, cyberporn. Mitra pengabdian ini yaitu MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) wilayah kabupaten Sleman Yogyakarta. Berdasarkan observasi dan studi pendahuluan terdapat permasalahan yaitu: (1) Belum adanya pengetahuan dan pemahaman komprehensif tentang new media literacy. (2) Belum ada aplikasi new media literacy berbasis web yang dapat digunakan oleh para guru dan siswa (3) Belum adanya kemampuan dan keterampilan tentang new media literacy (4) Tidak adanya materi new media literacy dalam kurikulum pembelajaran. Tujuan pengabdian ini yaitu, Pertama, teimplementasikannya aplikasi berbasis web tentang new media literacy pada guru MGBK. Kedua, Peningkatan keterampilan new media literacy melalui pelatihan penggunaan aplikasi dan materi ajar new media literacy. Ketiga, Peningkatan pengetahuan, dan pemahaman tentang bermedia sosial yang sehat dan bijak, tentang digital ethic, digital culture dan digital skill. Keempat, Peningkatan akses layanan aplikasi new media literacy berbasis web agar dapat dimanfaatkan oleh guru melalui pendampingan penggunaan aplikasi
Downloads
References
Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083
Garrison, D. R. (2011). E-Learning in the 21st century: A framework for research and practice, Second edition. In E-Learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice, Second Edition. Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9780203838761
Ghomi, M., & Redecker, C. (2019). Digital competence of educators (DigCompedu): Development and evaluation of a self-assessment instrument for teachers’ digital competence. CSEDU 2019 - Proceedings of the 11th International Conference on Computer Supported Education, 1, 541–548. https://doi.org/10.5220/0007679005410548
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA. Jurnal Literasi, 6(1).
Kurnia, N., Santi, D., & Astuti, I. (2017a). PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA: STUDI TENTANG PELAKU, RAGAM KEGIATAN, KELOMPOK SASARAN DAN MITRA.
Kurnia, N., Santi, D., & Astuti, I. (2017b). PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA: STUDI TENTANG PELAKU, RAGAM KEGIATAN, KELOMPOK SASARAN DAN MITRA. 149–166.
Muttaqin, I., Puspita, P. D., Lubis, S. H., & Nur Anganthi, N. R. (2023). Kemandirian Literasi Pada Guru Melalui Pembuatan Perpustakaan Digital Berbasis Desain. Warta LPM, 522–530. https://doi.org/10.23917/warta.v26i4.1980
Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pangihutan Situmorang Tumpal, et. al. (2024). Peningkatan Kinerja Bisnis Usaha Sub Sektor Kriya Kampung Raja Preliu Melalui Literasi Keuangan, Kewirausahaan Dan Adaptasi Teknologi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 4, No 1(Vol 4. No 1), 90–96.
Park, L. Y. J., Oh, Y. W., & Sang, Y. (2024). Digital Access, Digital Literacy, and Afterlife Preparedness: Societal Contexts of Digital Afterlife Traces. Social Media and Society, 10(3). https://doi.org/10.1177/20563051241274676
PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA: STUDI TENTANG PELAKU, RAGAM KEGIATAN, KELOMPOK SASARAN DAN MITRA. (2017). INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 47 no 02, 149–166.
Rachim Abd, R. R. Z. (2023). Analisis kemampuan literasi digital dalam meningkatkan kreativitas pelaku usaha pasca pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9(3), 1357–1366. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/0202312068
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774
Roma Doni Fahlepi Sudrajat Budi Herlan Asymar Hasta. (2021). Literasi Digital Untuk Penjualan Bagi Komunitas UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 No 2(Vol 1.No 2), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.818
Syabaruddin, A. I. (2020). AGUS SYABARUDDIN, IMAMUDIN 942 IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DI KALANGAN MAHASISWA.
Thaha, S., Yusuf, M., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara, S. (2023). Penyuluhan Literasi Keuangan Rumah Tangga Di Desa Massamaturu. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 208–215.